Keteladanan Nabi Muhammad Saw

Posted on Posted in Dari Redaksi

Assalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh,
Alhamdulillah it’s Friday,

Semoga Anda semua sehat wal â’afiat, dan selalu berada dalam lindungan Allah swt. Friday Readers, Nabi Muhammad–semoga shalawat dan salam tercurah baginya, bagi keluarganya, sahabatnya, dan seluruh umatnya–telah memberi teladan yang baik bagi umat manusia. Dalam al-Qur’an Allah swt berfirman, Sesungguhnya telah ada bagi kamu pada Rasulullah suri teladan yang baik..” [QS al-Ahzab [33]: 21]. Dan sebagai umatnya, wajiblah kita mengikuti teladan-teladan itu.

Friday Readers, Rasulullah Saw telah mencontohkan kita empat sifat utamanya. Shidq [berkata benar], amanah [dapat dipercaya], fathanah [cerdas], dan tabligh [menyampaikan]. Empat sifat ini diajarkannya lewat perbuatan yang bisa kita tiru. Jika perkataan dan perbuatan itu diterapkan dalam kehidupan kita dengan baik, maka keselarasan hidup sebagai umat dan warga negara tentu bukan sesuatu yang mustahil dicapai.

Friday Readers, melalui Maulid Nabi Muhammad Saw, 12 Rabi’ul Awal ini, seyogyanya menambah kecintaan kita kepada beliau. Kita juga diharapkan kian meneladani perilaku kehidupan Rasulullah Saw. Bukan saja menerapkannya dalam kehidupan kita, tapi hendaknya lebih banyak menularkan keempat sifat tersebut kepada lingkungan sekeliling kita. Semoga bermanfaat dan kita termasuk kaum yang bisa meneladani akhlak Nabi Muhammad Saw. Wa Billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu’alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh.
Aqimus shala’ta wa a’tuz zakat,

Hagi Hagoromo
hagi@alifmagz.com