Puasa dan Zakat

Posted on Posted in Dari Redaksi

Assalâmu’alaikum wa Rahmatullâhi wa Barakâtuh,
Alhamdulillah it’s Friday,

Semoga Anda semua sehat wal ‘afiat dan selalu berada dalam lindungan Allah swt. Friday Readers, puasa dan zakat merupakan rukun Islam yang berdekatan. Di bulan Ramadhan ini, kita diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah sebelum masuk 1 Syawal. Ini menyempurnakan ibadah kita baik secara horisontal maupun secara vertikal. Meski demikian, kewajiban zakat bukan saja hanya pada bulan Ramadhan ini, tetapi berlangsung terus menerus sesuai aturan dan ketetapan yang telah digariskan Allah swt.

Friday Readers, dalam al-Qur’an, perintah zakat kerap didahului dengan perintah menegakkan shalat. Kondisi ini memberi semacam permisalan kepada kita, bahwa setiap hendak mendirikan bangunan yang tinggi, kita juga diingatkan untuk membuat pondasi yang kokoh. Pondasi itu baru bisa diperoleh jika kita membangun ikatan yang kuat di permukaan tanah. Jika kondisi sosial kita bagus, maka insya Allah, urusan vertikal kita ke Allah juga bagus. Dan saat Ramadhan inilah kita digembleng untuk mempererat dan mengukuhkan jiwa sosial kita dengan masyarakat. Agar sisi spiritual kita tidak goyah, saat diterpa angin, manakala derajat kita kian meninggi.

Friday Readers, semoga dalam bulan Ramadhan ini jiwa kita kian terisi hikmah dari puasa dan zakat, sehingga kita bisa memperoleh hakikat dua ibadah wajib tersebut. Semoga bermanfaat dan kita semua termasuk kaum yang selalu bersyukur atas nikmat-Nya.

Billâhi taufîq wal hidâyah.
Wassalâmu’alaikum wa Rahmatullâh wa Barakâtuh.

Hagi Hagoromo
hagi@alifmagz.com