Sang Khalifah

Posted on Posted in Dari Redaksi

Assalâmu’alaikum wa Rahmatullâhi wa Barakâtuh,
Alhamdulillah it’s Friday,

Semoga Anda semua sehat wal ‘afiat, dan selalu berada dalam lindungan Allah swt. Friday Readers, Allah Azza wa Jalla berkata dalam kitab-Nya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan khalifah di muka bumi.’ Mereka berkata, ‘Apakah Engkau hendak menjadikan di bumi itu siapa yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan menyucikan-Mu?’ Tuhan berfirman, ‘Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.’” [QS al-Baqarah [2]: 30].

Friday Readers, sebagai Khalifatullah, manusia diserahi tugas, wewenang, dan tanggungjawab memelihara bumi ini, sebagai tempat tinggal dan ladang untuk beribadah. Tetapi kecenderungan manusia –-baik karena ditipu dan disesatkan iblis maupun karena mengikuti hawa nafsunya– telah melakukan perusakan dan penumpahan darah. Meski demikian, Allah swt menegaskan kepada para malaikat bahwa ada hal yang tidak mereka ketahui tentang rencana penciptaan itu.

Friday Readers, telah banyak kita lihat bukti-bukti kerusakan di bumi yang diakibatkan ulah kita sendiri. Seyogyanya itu menjadi cermin agar kita senantiasa mawas diri dan kian menjaga amal perbuatan di muka bumi ini. Sebab jika kita tidak bijak mengelola, maka tunggu saja akibat dan azab yang akan ditimpakan Allah kepada mereka. Semoga bermanfaat.

Wa Billâhi taufîq wal hidâyah.
Wassalâmu’alaikum wa Rahmatullâh wa Barakâtuh.

Hagi Hagoromo
hagi@alifmagz.com