Apakah Allah Punya Tangan dan Mata?

Posted on Posted in Unduh Alif Magazine

Apakah Allah punya Tangan dan Mata?
T: Katanya Allah bisa melihat kita dan memberi kita rezeki. Berarti Allah punya mata dan tangan ya?
Hana Alfazzahra Al-Haddad
4,5 tahun
Kelas A TK Nur Al-Hidayah, Tebet

J: Ya, Allah memunyai mata dan tangan, tetapi janganlah dibayangkan seperti mata atau tangan manusia. Allah tidak serupa dengan siapa pun atau apa pun makhluk-Nya. Dan tidak ada siapa pun yang dapat melihat wujud Allah dengan mata kepala.

Wajar jika ada keinginan untuk mengetahui wujud Allah, seperti apakah Allah punya tangan, kaki, mata seperti juga manusia? Nabi Musa as suatu ketika pernah memohon agar Tuhan menampakkan diri-Nya kepadanya. Tuhan berfirman sebagai jawaban atas permohonannya, “Engkau sekali-kali tidak akan dapat melihat-Ku. Tetapi lihatlah ke bukit itu, jika ia tetap di tempatnya [seperti keadaannya semula], niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Maka tatkala Tuhannya ber-tajjali [menampakkan diri] ke gunung itu, dijadikan-Nya hancur luluh dan Mûsâ pun jatuh pingsan. Maka setelah dia sadar kembali, dia berkata, “Maha Suci Engkau, aku telah bertaubat kepada-Mu, dan aku orang yang pertama dari orang-orang mukmin” [QS al-A’râf [7]: 143]. Peristiwa ini membuktikan bahwa manusia agung pun tidak berkemampuan untuk melihat wujud-Nya. Hal ini menunjukkan bahwa kita dapat mengakui keberadaan sesuatu tanpa melihat-Nya dengan mata kepala. « []

Bahan: Wawasan al-Quran – M. Quraish Shihab

[Box]
Bagi adik-adik yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan email ke redaksi@alifmagz.com dengan subyek: Kid’s Question. Sertakan juga foto dan data diri [nama, usia, kelas, sekolah]. Buat yang pertanyaannya dimuat, ALiF akan mengirimkan empat [4] tiket Sea World buat kalian.