Festifal Film Islami [SELAMI]

Posted on Posted in Unduh Alif Magazine

Dalam rangka penyelenggaraan JiFFest ke-10, Majalah Alhamdulillah it’s Friday mempersembahkan Festival Film Islami [SELAMI]. Selain diputar beberapa film, SELAMI juga menyelenggarakan diskusi bersama Deddy Mizwar, Riri Riza dan M. Quraish Shihab. Berikut catatan tiga penonton film sekaligus peserta diskusi dalam SELAMI yang diselenggarakan di Goethe Haus, 6 Desember lalu:

Pei, pekerja film
Film dalam SELAMI termasuk kategori film yang bagus. Film bagus itu mampu memberi pengaruh positif kepada penontonnya sehingga setelah menonton tergerak untuk melakukan hal yang menjadi pesan film tersebut. Diskusinya membuka wacana bagi saya sebagai pekerja film bahwa film yang islami itu tidak harus menampilkan adegan seperti orang yang sedang shalat atau banyak pengucapan ayat Al-Qur’an. Selain itu, diskusi tadi menjawab pertanyaan saya sebagai seorang Muslim, yaitu apakah dunia film adalah jalan yang dibenarkan oleh agama.

Risa, konsultan hukum
SELAMI ini sangat bagus. Memudahkan saya untuk mencari tontonan yang bagus, penuh dengan pesan dan nilai-nilai yang islami. Film-film yang direkomendasikan ALiF sangat layak untuk di tonton. Saya tertarik dengan diskusi tadi. Memberikan wawasan yang luas bagi saya karena selain ada pakar dalam dunia perfilman seperti Riri Riza dan Deddy Mizwar juga ada pakar dalam bidang agama seperti M. Quraish Shihab.

Amru, karyawan Pertamina
Diskusi yang diselenggarakan dalam SELAMI sangat bagus. Kehadiran seorang pakar agama seperti M. Quraish Shihab memberi penegasan bahwa sebenarnya banyak film-film dengan menampilkan karakter dan nilai-nilai yang islami. Film-film tersebut sangat layak ditonton oleh masyarakat. Acara semacam SELAMI sangat penting untuk diadakan kembali. Melalui acara-acara seperti itu bisa memberi referensi kepada masyarakat tentang film-film yang layak untuk ditonton. Bukan saja bagus dari sisi penampilan filmnya, tetapi yang lebih penting memberi pesan dan nilai-nilai yang baik. « [imam]

[Box]
Anda juga mau ikut rubrik Coba-Coba? Silakan kirim biodata plus nomor ponsel serta foto ke redaksi@alifmagz.com dengan subjek: Coba-Coba.