Hermes Berbagi Pesan Cinta

Posted on Posted in Unduh Alif Magazine

you-can_1_ed33Awalnya Fajar Nugross, penulis cerita pendek, sutradara film-film indie yang baru saja memproduksi Queen Bee, berkolaborasi bersama Artasya Sudirman, seorang penyanyi lagu “Andai Kata” bersama Banyu Biru, membuat kumpulan cerpen berjudul Kilometer Nol. Kisah yang menceritakan hubungan antara Adriana dan Mamen yang penuh teka-teki dengan setting berbagai tempat bersejarah di Jakarta ini dimuat di facebook Fajar Nugross dan mendapat banyak sekali tanggapan.

Para penggemar kisah yang merupakan teman-teman di situs pertemanan ini terinspirasi dan membuat satu fiksi berantai bersama-sama dengan judul Café Hermes. Kumpulan cerpen yang menceritakan sepenggal kisah tentang Tasya dan teman-temannya, dengan setting sebuah café dengan interior art deco bernama Hermes yang terletak di kawasan wisata kota tua. Cerita pun bergulir dengan asyik. Para penulis keroyokan yang jumlahnya sekira sembilan belas hingga duapuluh lima itu ternyata terkesan dengan hubungan ‘profesional’ antara mereka.

Saling menanggapi, saling mengritik, dan memberi masukan sudah biasa mereka lakukan. Hal ini ternyata membuat anggota Genk Hermes –begitu mereka menyebutnya– menjadi semakin kompak. Beberapa anggota Genk Hermes ternyata cukup profesional di bidang tulis-menulis, seperti Fajar Nugross dan Artasya Sudirman, serta Melody Muchransyah seorang penulis jebolan coaching penulisan cerpen di sebuah majalah remaja yang telah menghasilkan buku sendiri, serta Jia Effendie, penulis kumpulan cerpen, ternyata cukup memberi motivasi bagi rekan-rekan yang lain untuk terus belajar dan berkarya.

you-can_2_ed33 Kekompakan ini yang memotivasi para penulis muda yang kerap bertemu di dunia maya ini untuk melakukan sesuatu saat mendengar adanya musibah gempa bumi di Padang, Sumatera Barat. Sekali lagi mereka membuat kumpulan cerpen berjudul Hermes for Charity dikemas dalam bentuk file digital [.pdf] yang hasil penjualannya ditujukan untuk membantu recovery pasca gempa.

Seperti juga Hermes, dewa dalam mitologi Yunani yang bertugas mengantar pesan, maka pesan dalam bentuk kumpulan cerpen mereka coba kemas dengan baik dilengkapi dengan tiga lagu original soundtrack sumbangan Blue Summer berjudul “Hermes for Charity”, “Someday Baby”, dan “San Franscisco Bay”. Harapan mereka sederhana saja, yaitu ingin dapat menyentuh hati para pembaca, sekaligus mengirimkan pesan cinta bagi saudara-saudara yang terkena bencana. Jika mereka sudah mengirimkan ‘pesannya’ bagaimana dengan Friday Readers? « [esthi] – foto: dok pribadi

Box
The Hermes Genk
http://thegenkhermes.wordpress.com
Surel: hermesforcharity@gmail.com