Birrul Walidain: Wawasan al-Qur’an tentang Bakti kepada Ibu Bapak

Posted on Posted in From the Couch

Secara umum, manusia memiliki kecenderungan untuk menyayangi dan menghormati kedua orangtuanya. Norma berbagai agama maupun nilai-nilai kebaikan dalam masyarakat yang sehat juga mengajarkan manusia untuk berbakti pada orangtuanya. Begitu juga dalam ajaran Islam, di mana orangtua memiliki kedudukan yang begitu istimewa.

Melalui buku ini, penulis membawa pembaca untuk mengenang dan merenungi kembali jasa dan pengorbanan orangtua. Mulai dari proses terbentuknya kita dalam rahim ibu saja, sudah tak mampu kita membalas segala kesulitan yang dirasakannya. Begitu pula seorang ayah, yang tanpanya kita tidak akan ada. Dari situ saja, sudah jatuh kewajiban atas setiap anak untuk berbakti pada orangtuanya.

Dalam al-Qur’an dan hadis, banyak disebutkan keutamaan berbakti pada orangtua ini. Berbakti bukan saja dalam arti tidak mendurhakai, tapi lebih pada senantiasa memperlakukan keduanya dengan kemuliaan dan sebaik-baik perlakuan.

Birrul walidain

Ridha dan murka Allah dapat diakibatkan oleh ridha dan murka orangtua. Rasulullah saw. juga seringkali meletakkan kedurhakaan kepada orangtua tepat di bawah dosa mempersekutukan Allah. Itulah beberapa peringatan, yang disebutkan dalam buku ini, yang menekankan bagaimana berbakti kepada orangtua ini adalah sesuatu yang tidak dapat dianggap remeh.

Disajikan secara ringkas dan padat, dilengkapi sajak dan doa yang indah, buku kecil ini mengetuk hati dan akal pembaca untuk memahami arti penting orangtua dan bakti kita kepada mereka. Sejauh apa seorang anak harus berbakti, bagaimana caranya, apa yang hendaknya dilakukan atau tidak dilakukan dalam rangka berbakti kepada kedua orangtua ini, termasuk setelah keduanya meninggal dunia, dijabarkan dengan lengkap dalam buku ini. [aca]

Judul Buku: Birrul Walidain
Penulis: M. Quraish Shihab
Penerbit: Penerbit Lentera Hati
Tahun: Cetakan I, Maret 2014
Volume: 160 + xiv hlm.; 11,5 x 17 cm
Jenis Cetak: Soft cover/ Bookpaper
ISBN: 978-602-7720-20-6
Harga: Rp. 37.000