Bukan Bid’ah: Menimbang Jalan Pikiran Orang-orang yang Bersikap Keras dalam Beragama

Posted on Posted in From the Couch

Prof. DR. Ali Jum’ah Muhammad Abd al-Wahhab atau Prof. DR. Ali Jum’ah adalah salah seorang ulama besar al-Azhar Kairo, Mesir. Beliau menjabat sebagai Mufti Mesir sejak 28 September 2003 dan mendapatkan anugerah gelar doktor honoris causa dibidang humaniora dari Universitas Liverpool sebagai salah satu tokoh terpenting dalam menyebarkan toleransi dan kesepahaman antar agama di tingkat dunia pada 19 Juli 2011.

Buku ini membahas sikap kaku dan keras dalam beragama yang semakin hari semakin meluas, sampai pada tahap membid’ahkan dan mengkafirkan sesama muslim. Hal yang tentunya dapat membahayakan persatuan dan kemajuan umat sekaligus menimbulkan kebingungan akan agama itu sendiri.

Prof. DR. Ali Jum’ah, dalam buku ini, menjelaskan 17 masalah yang dipilih dari masalah-masalah terpenting yang biasa diangkat oleh pemikiran keras tersebut. Masalah yang sebenarnya merupakan masalah yang bukan prisnsip namun digunakan sebagai tolok ukur untuk menentukan keislaman seseorang dan mengelompokkan kaum muslimin.

Bukan Bid'ah

Masalah yang dibahas dalam buku ini antara lain menyangkut: Hukum memperingati maulid Nabi, berzikir dengan tasbih, masjid yang bersambung dengan kuburan, berziarah ke makam Nabi dan orang-orang saleh, dan sebagainya.

Penjelasan berdasarkan dalil yang digunakan oleh para ulama terkemuka digunakan untuk menjawab masalah-masalah tersebut. Walau mungkin terdapat beberapa istilah yang sulit untuk langsung dipahami oleh orang awam, namun secara keseluruhan buku ini mampu membuka pikiran pembaca akan prinsip ajaran Islam. Termasuk di dalamnya mengenai penjelasan tentang pengertian bid’ah, salafi, dan persyaratan bagi seseorang untuk dapat mengeluarkan fatwa yang ternyata sama sekali tidak mudah.

Melihat fenomena kekakuan dan kekerasan dalam beragama yang juga semakin banyak terjadi di Indonesia, buku ini dapat menjadi salah satu pilihan tepat dalam membantu menyikapinya. [teks: aca; gambar: Lentera Hati]

===

Judul Buku: Bukan Bid’ah: Menimbang Jalan Pikiran Orang-orang yang Bersikap Keras dalam Beragama
Penulis: Prof. DR. Ali Jum’ah
Pengantar: M. Quraish Shihab
Penerbit: Penerbit Lentera Hati (atas kerja sama dengan Ikatan Alumni al-Azhar Internasional Indonesia dan Pusat Studi Al-Qur’an)
Tahun: Cetakan Pertama, Desember 2012
Volume: 297 hlm; 14 x 20 cm
Jenis Cetak: Soft cover/ Bookpaper
ISBN: 978-602-18476-2-6
Harga: Rp. 42.000