Ibrahim Bapak Semua Agama: Sebuah Rekontruksi Sejarah Kenabian Ibrahim AS. Sebagaimana tertuang dalam Taurat, Injil dan Al-Qur’an

Posted on Posted in From the Couch

Ibrahim as. adalah nabi yang diakui oleh agama-agama langit. Beliau dikenal sebagai leluhur para nabi, di mana Musa as., Isa as., dan Muhammad saw. merupakan beberapa dari banyak keturunannya yang diangkat menjadi nabi dan rasul.

Banyak buku yang kemudian membahas soal tokoh penting ini. Buku ini mencoba menggambarkan sosok Ibrahim melauli sudut pandang sejarah. Mengambil kesimpulan dan meluruskan kekeliruan dengan melihat pada al-Qur’an dan hadis, kitab suci lain seperti Taurat dan Injil, serta berbagai buku sejarah.

Buku yang disadur dari tujuh buah buku berbahasa Arab ini, dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, seperti yang disebutkan dalam pengantarnya: Pra Ibrahim dan Pasca Ibrahim.

Ibrahim

Pada bagian pertama, diuraikan sejarah Nuh as. dan keturunannya, serta bagaimana seiring dengan persebarannya terbentuk agama dan kepercayaan yang bermacam-macam. Bagian kedua membahas silsilah Ibrahim as., kelahirannya, perjalanannya mencari Tuhan, peristiwa pembakarannya hidup-hidup, dakwah yang dilakukannya sebagai utusan Allah, sampai saat beliau harus mengorbankan anaknya dan membangun Baitullah.

Tabel sejarah dan gambar silsilah cukup membantu pembaca untuk memahami kronologis sejarah Ibrahim as. Mungkin akan lebih baik jika gambar peta khususnya dibuat lebih jelas dan menarik.

Secara umum, buku ini menambah pengetahuan dan memperjelas gambaran tentang kehidupan Ibrahim as., hijrahnya ke berbagai tempat untuk berdakwah, serta keistimewaannya hingga beliau menjadi al-Khalil (kesayangan Allah) dan menjadi salah satu dari lima nabi bergelar Ulul ‘Azmi. [aca]

===

Judul Buku: Ibrahim as. Bapak Semua Agama: Sebuah Rekontruksi Sejarah Kenabian Ibrahim AS. Sebagaimana tertuang dalam Taurat, Injil dan Al-Qur’an
Disadur dari: Ibrâhîm Abû al-Anbiyâ’ karya ‘Abbas Mahmud al-‘Aqqad; Dirâsât Târîkhiyyah min al-Qur’ân al-Kârîm karya Muhammad Bayumi Mahrani; Dirâsât fî Târîkh asy-Syarqî al-Adnâ al-Qadîm karya Muhammad Bayumi Mahrani; Mishr wa al-Syarq al-Adabî al-Qadîm karya ‘Abdul ‘Aziz Shalih; Min I’jâz al-Qur’an karya Ra’uf Abu Sa’dah; ‘Arâ’is al-Majâlis karya Abu Ishak ats-Tsa’labi; Muhammad Rasulullah wa al-ladzîna Ma’ahu karya ‘Abdul Hamid Jaudah as-Sahhar.
Penyadur: Iqbal Harahap
Penerbit: Lentera Hati
Tahun: Cetakan Pertama, Februari 2014
Volume: xvi+254 hlm.; 15 x 23 cm
Jenis Cetak: Soft cover/ Bookpaper
ISBN: 978-602-7720-18-3
Harga: Rp. 77.000