Pencerah Nusantara: Best Practices untuk Mencapai MDGs

Posted on Posted in From the Couch

MDGs atau Millenium Development Goals adalah hasil kesepakatan 189 negara anggota PBB, termasuk Indonesia, yang mencakup delapan tujuan pembangunan yang terukur dengan target yang ingin dicapai pada tahun 2015.

Delapan tujuan yang disepakati pada pengujung abad ke-20 ini terdiri dari: 1. Menghapuskan kemiskinan; 2. Memenuhi kebutuhan pendidikan dasar; 3. Mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan; 4. Mengurangi angka kematian anak; 5. Meningkatkan kualitas kesehatan ibu; 6. Memberantas HIV/ AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya; 7. Menjamin keberlanjutan lingkungan hidup; 8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Dalam rangka mendukung tercapainya tujuan tersebut, Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs (KUKPRI-MDGs) menyelenggarakan Indonesia MDG Awards. Buku ini mengumpulkan praktik cerdas terbaik dari seluruh wilayah Indonesia yang mendapat penghargaan pada Indonesia MDG Awards 2011.

Dua puluh program pembangunan dari para pemenang Indonesia MDG Awards 2011, seperti dapat dilihat dalam buku ini, terbagi ke dalam lima kategori: Air bersih dan sanitasi, penyakit menular, kesehatan ibu dan anak, Nutrisi, dan penghargaan khusus.

Pencerah Nusantara

Selain deskripsi keadaan daerah tempat berlangsungnya tiap program, masing-masing kisah juga menjabarkan proses pelaksanaan program. Baik dari sumber dana, kendala, partisipasi masyarakat, sampai pada kiat mereplikasi program tersebut. Sehingga, masyarakat di daerah lain yang menghadapi masalah serupa dapat turut mencontoh program tersebut, tentunya dengan penyesuaian terhadap kondisi masing-masing.

Membaca buku ini, menambah pengetahuan mengenai MDGs, termasuk sejauh mana perkembangan pencapaiannya di Indonesia serta apa saja yang masih perlu diusahakan untuk dapat sebisa mungkin mencapai target tahun 2015. Data-data statistik yang disediakan dalam bentuk menarik juga mempermudah pembaca untuk memahami kondisi masyarakat.

Tak kalah penting, kisah-kisah para pemenang MDG Awards 2011 ini memberi inspirasi bahwa keterbatasan tidak sama dengan ketidakberdayaan. Bahwa penting untuk melibatkan masyarakat untuk memperbaiki keadaan mereka sendiri. Bahwa setiap orang dapat turut berkontribusi dan berkolaborasi menjadi pencerah nusantara, untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera. [teks: aca; gambar: Literati]

Judul Buku: Pencerah Nusantara: Best Practices untuk Mencapai MDGs
Penulis: Pemenang Indonesia MDG Award 2011
Penerbit: Literati
Tahun: Cetakan Pertama, November 2012
Volume: 200 halaman; 13 x 19 cm
Jenis Cetak: Soft cover/ Bookpaper
ISBN: 978-602-8740-27-2
Harga: Rp. 54.000