Fatiyah Sukses Mendirikan Al-Fattah

Posted on Posted in Ikhtiar
Fatiyah Puji Astuti
Fatiyah Puji Astuti

Fatiyah Puji Astuti [30] yang biasa disapa Ibu Fatiyah oleh anak didiknya, menginginkan masyarakat disekitarnya yang berekonomi rendah bisa lebih maju dalam pendidikan.

Dengan niat yang mulia, wanita ini, bersama suaminya N. Kusdaniama dan adik bungsunya Ida Rohayati, mendirikan sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Islam sederhana. Pada Tahun 2002, TK Al-Fattah berdiri diatas tanah seluas 200 meter persegi (m²) milik H. Abdurohim (ayah Fatiyah). Awalnya bangunan ini adalah sebuah kontrakan yang diubah fungsi menjadi TK, dua kontrakan yang masing-masing luasnya 50 m² diubah menjadi ruang kelas dan kantor. Halaman TK ini tidak mempunyai pagar dan beralaskan tanah. Permainan yang ada juga tidak terlalu banyak, yaitu perosotan, ayunan dan putaran. Walau sederhana, TK yang terletak di Jl Cendrawasih RT 02/05 Kecamatan Ciputat Tangerang, memiliki izin dari Depdiknas. Dan menggunakan kurikulum Departemen Agama.

“Pada awal tahun ajaran, murid yang mendaftar hanya 10 anak. Merekapun masih terbilang kerabat dan tetangga”. Ujar wanita berjilbab ini dengan nada santun. Peningkatan terlihat di tahun ketiga. Ini berkat kerja keras yang dilakukan ujar ibu tiga anak ini, pada Tahun Ajaran 2004 murid yang mendaftar hingga 20 anak, bukan hanya tetangga saja tetapi dari orang-orang yang tinggal di kampung sebelah. Kemudian dari tahun ke tahun Al-Fattah mengalami peningkatan, bertambahnya ruang kelas, yaitu sebuah kontrakan diubah menjadi dua ruang kelas B1 dan B2. Begitupun jumlah murid yang terdaftar saat ini sebanyak 60 anak. Halaman sekolah kini telah berpagar, tembok-tembok mulai berwarna dan bergambar hewan seperti layaknya TK lainnya. Struktur organisasi pun tertata.

Karena sejak awal wanita beralis tebal ini berniat membantu masyarakat disekitarnya, maka biaya yang diperlukan untuk masuk Al-Fattah terbilang murah. Pada pendaftaran Tahun Ajaran 2011 besok hanya dikenakan biaya Rp 500.000. Biaya ini sudah termasuk seragam, uang gedung, buku pelajaran, dan uang bulanan sebesar Rp 50.000. Biaya ini sudah diperinci seminim mungkin agar tidak terlalu memberatkan murid yang bersekolah. Walaupun terbilang murah tetapi murid yang bersekolah disini bukan hanya dari kalangan ekonomi bawah saja, ada pula murid yang terbilang mampu untuk bersekolah ditempat yang lebih mahal. Namun, orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di Al-Fattah karena mereka melihat kualitas murid yang telah lulus, mereka sudah pandai membaca, menulis dan mengenal Islam.

TK-AlFattah01

Selain kegiatan belajar, TK Al-Fattah sering mengadakan acara-acara pentas dan peringatan hari nasional dan hari besar Islam. Dalam acara tersebut semua siswa terlibat. Mereka dibagi beberapa kelompok, ada yang bertugas membaca surat-surat pendek, baca puisi dan nasyid. Acara seperti ini rutin diadakan setiap tahun, selain mengadakan kegiatan, sekolah ini aktif mengikuti kegiatan seperti manasik haji dan perlombaan-perlombaan. « [teks & foto umi]