Indahnya Masjid Raya Moskow, Salah Satu Masjid Terbesar di Eropa

Posted on Posted in Islam in the World

Ribuan muslim berkumpul di pusat kota Moskow untuk menjadi saksi pembukaan masjid salah satu yang terbesar di Eropa. Upacara pembukaan dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas. Juga turut hadir Mufti Besar Rusia Rawil Gaynetdin pada Rabu (23 September 2015) lalu.

Masjid Moskow
Masjid Moskow
Masjid Moskow
Masjid Moskow
Masjid Moskow
Masjid Moskow
Masjid Moskow
Masjid Moskow

Masjid ini pernah kembali pada tahun 1904. Sejak 2011 bangunan ini mengalami rekonstruksi secara menyeluruh. Imbasnya, ukuran kompleks ini meluas 20 kali hingga mencapai 19.000 meter persegi yang bisa menampung hingga 10.000 jamaah.

Mayoritas elemen masjid terbuat di Turki, termasuk ornamen, mihrab, termasuk ruangan utama masjid.

“Konstruksi bangunan ini seakan mempertegas posisi penting Rusia di dunia dan dunia Islam,” Kata Mahmoud Abbas saat seremoni pembukaan masjid. Beliau juga berharap tempat ini akan menjadi “pusat penyebaran semangat kedamaian agama.”

Islam merupakan agama terbesar kedua di Rusia, setelah Orthodoks. Saat ini jumlah umat muslim di Rusia sekira 15 persen dari total populasi yang sebanyak 145 juta jiwa. Mengutip dari Russia Today, sejumlah pakar menyatakan jumlah muslim di Rusia akan berkembang menjadi setengah dari total populasi Rusia pada 2020.

Desain interior Moscow Central Mosque, yang dibantu oleh Turkish Diyanet Foundation, memiliki arsitektur unik yang dilingkupi oleh daun emas. Menara masjid pun terlihat menyerupai menara yang berada di Moskow dan Kazan Kremlin.

Saat ini umat muslim Rusia berjumlah 23 juta jiwa. Dan masjid ini adalah satu-satunya masjid yang dibuka di Moskow, bahkan ketika masa sulit di era Soviet.