Air Pohon Aren untuk Kesehatan

Posted on Posted in Khasiat

Belum banyak orang yang mengetahui manfaat air pohon aren. Kecuali sebagai bahan dasar pembuatan gula merah. Air pohon aren, bisa diambil manfaatnya melalui tiga cara. Langsung diambil dari pohon, dimasak untuk dijadikan minuman, dan dijadikan gula.

Air aslinya rasanya manis campur pahit dan baunya menyengat hidung karena mengandung soda.

Warnanya kuning dan berbuih jika dikocok-kocok. Air asli ini bisa mencegah masuk angin, panas-dingin, rematik, persendian yang kaku, dan lemah jantung. Bahkan, bisa meningkatkan stamina seseorang dengan cara dicampur kuning telur yang didinginkan secara alami selama semalam.

Kalau didiamkan seminggu tanpa campuran apapun, bisa berubah menjadi cuka. Ini berbeda dengan cuka yang biasa kita dapatkan, bebas dari campuran bahan kimia lainnya. Air pohon aren yang dimasak, biasa dijajakan sebagai minuman dingin seharga seribu sampai dua ribu rupiah satu gelas. Biasanya dijajakan di pasar tradisional daerah Jawa Barat, dan dikenal sebagai air lahang [cai lahang]. Rasanya manis agak keasam-asaman yang biasa diminum siang hari.

Gula pohon aren bisa digunakan untuk mengobati keracunan. Caranya dengan me-numbuk sampai halus dicampur air panas sampai menjadi hangat dan diminum. Semua manfaat ini, tak boleh dinikmati oleh wanita hamil. Karena unsur soda yang tinggi, wanita yang tengah mengandung bisa mengalami keguguran dan atau gangguan pada janinnya.