Aromaterapi

Posted on Posted in Khasiat

Aromaterapi adalah salah satu bentuk pengobatan alternatif yang menurut sejarah sudah lama digunakan di Mesir, Cina, dan India. Penggunaan aromaterapi melalui cairan ekstrak tanaman yang disebut sebagai minyak esensial, dapat diambil manfaatnya lewat aroma yang dihirup atau diaplikasikan lewat kulit dengan tujuan meningkatkan kesehatan, emosi, serta kecantikan seseorang. Minyak esensial didapat dari penyulingan bunga, buah, daun, maupun bagian lain dari tanaman yang memiliki efek terapi pada tubuh.

Aromaterapi memiliki berbagai manfaat: mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit, sehingga meningkatkan aliran darah, mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat anti-bakteri serta menghilangkan racun pada kulit.

Sedang lewat aroma minyak esensial yang terhirup, aromaterapi dapat menetralisasi ketegangan, mengurangi stres dengan memberikan kenyamanan, menormalisasi metabolisme dan pernafasan seluler, meningkatkan vitalitas, membantu mengatur keseimbangan tubuh, menstimulasi proses terapi, serta berbagai manfaat lain.

Beberapa minyak esensial yang biasa digunakan untuk aromaterapi beserta manfaatnya, antara lain:

  • Ekstrak daun basil digunakan untuk meningkatkan ketajaman konsentrasi seseorang, serta mengatasi sakit kepala dan migren. Tidak dianjurkan pada wanita hamil.
  • Minyak bergamot dan cintronella, baik untuk mencegah gigitan nyamuk.
  • Ekstrak lada hitam baik untuk menstimulasi sirkulasi dan masalah pada persendian, juga untuk menyembuhkan memar jika diaplikasikan pada kulit.
  • Minyak kayu putih, yang umumnya dikombinasikan dengan daun peppermint dapat digunakan untuk meredakan flu dengan cara menghirupnya.
  • Ekstrak bunga melati, mawar, kayu cendana, dan ylang-ylang digunakan untuk aphrodisiac atau zat yang meningkatkan gairah seseorang.
  • Ekstrak bunga lavender digunakan sebagai antiseptik, untuk meringankan rasa sakit akibat luka atau menenangkan pikiran serta meringankan sakit kepala dan migren.
  • Minyak cengkeh untuk antiseptik dan obat pereda sakit. Umumnya untuk penderita sakit gigi.
  • Minyak lemon untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres. « [esthi]