Beda Allah dengan Tuhan

Posted on Posted in Kid's Question

Beda Allah dengan Tuhan
T: Apa sih bedanya Allah dengan Tuhan? Bisa tidak Allah diterjemahkan menjadi Tuhan?
Irsyadina Abiyya Arigayota
5 tahun
Kelas B TK Ar Rahman,
Cikarang Selatan

J: Allah swt, adalah nama bagi Dzat satu-satunya yang wajib wujud-Nya dalam arti selalu harus wujud. Dia-lah yang berhak dan wajib disembah, sedangkan “tuhan” adalah kata yang menunjuk kepada apa pun yang disembah dan ditaati. Bukankah yang disembah oleh manusia bermacammacam, seperti matahari, bintang, dan berhala. Maka semua itu dapat dinamai oleh penyembahnya sebagai tuhan. Bahkan Dzat yang wajib wujud-Nya pun [Allah] yang disembah kaum Muslim – dalam pengertian di atas – adalah Tuhan. Memang sementara pakar membedakan dalam penulisan antara Dzat yang wajib wujud-Nya dengan yang tidak wajib wujudnya, yakni dengan menggunakan huruf “T” [besar] untuk menunjuk kepada Allah, dan selain-Nya menggunakan huruf “t” [kecil].

Untuk menerjemahkan Allah menjadi Tuhan kurang tepat. Allah tidak bisa diterjemahkan begitu saja menjadi Tuhan. Allah adalah nama, yang tentunya tidak seharusnya diterjemahkan. Menerjemahkan atau mengartikan secara tepat satu kalimat dalam satu bahasa ke bahasa lain – apalagi kalau ayat Al-Qur’an – tidaklah mudah. Misalnya menerjemahkan “Bismillâh” ke dalam bahasa Indonesia “Dengan nama Tuhan”, walaupun dapat ditoleransi, namun pada hakikatnya ada terjemahan yang lebih baik dan tepat dari yang disebut itu. Itu sebabnya banyak ulama yang memilih istilah “Terjemahan makna Al-Qur’an” bukan “Terjemahan Al-Qur’an” untuk alih bahasa Al-Qur’an ke bahasa yang lain. Di sisi lain, kata “tuhan” bisa menunjuk sekian banyak yang disembah dan berbeda-beda. Karena itu penerjemahan yang demikian tidak dibenarkan. « []

Bagi adik-adik yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan email ke redaksi@alifmagz.com dengan subyek: Kid’s Question. Sertakan juga foto dan data diri [nama, usia, kelas, sekolah]. Buat yang pertanyaannya dimuat, ALiF akan mengirimkan buku Kid’s Guide for Ramadhan terbitan Buah Hati.