Di Mana Kakek Setelah Meninggal?

Posted on Posted in Kid's Question

Di Mana Kakek Setelah Meninggal?
T: Kakek teman saya baru saja meninggal. Kalau manusia meninggal, mereka tinggal di mana?
Izaal Fikri Marfi
5 tahun,
TK B Raudhatul Hikmah – Pamulang

J: Semua manusia yang hidup, bila saatnya tiba, pasti akan meninggal seperti kakek temanmu. Setelah meninggal dunia, maka kakek akan tinggal di sebuah alam yang dinamai Al-Qur’an sebagai alam Barzakh. Menurut Ibnu al-Qayyim dalam bukunya ar-Rûh, Barzah adalah tempat kehidupan kedua setelah kehidupan di dunia. Di alam tersebut, manusia yang sudah meninggal menjalani hidup yang berbeda dari kehidupan di dunia. Ini karena kehidupan di alam Barzah memiliki tingkat gelombang dan frekuensi yang berbeda dengan di dunia.

Di alam Barzakh setiap ruh [manusia] tetap hidup, mengenal, melihat, mendengar, bertasbih, dan berhubungan dengan ruh-ruh lain serta berdialog dan merasa gembira seperti kita di dunia. Ruh juga merasakan kenikmatan dan siksa, kelezatan, dan kepedihan, sesuai dengan keadaan dan amalnya ketika hidup di dunia, demikian pendapat Syaikh Hasanain Makhlufi, seorang ahli agama. Manusia yang sudah meninggal akan tinggal di alam Barzakh hingga hari Kiamat tiba. Pada hari Kiamat, semua manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk kemudian menghadap Allah. Pada saat itu manusia ditimbang amal-amalnya sebelum ditentukan di mana akhirnya manusia tersebut ditempatkan: surga atau neraka. « []
Bahan: Kehidupan Setelah Kematian, M Quraish Shihab

[Boks]
Bagi adik-adik yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan email ke redaksi@alifmagz.com dengan subyek: Kid’s Question. Sertakan juga foto dan data diri [nama, usia, kelas, sekolah]. Buat yang pertanyaannya dimuat, ALiF akan mengirimkan satu t-shirt dari madeinheaven [www.madeinheavenkids.com].