Mengapa perempuan harus memakai mukena saat shalat?

Posted on Posted in Kid's Question

Mengapa perempuan harus memakai mukena saat shalat?
Vivi – 7 tahun,
Kelas 1 Madrasah
Pembangunan Ciputa
t

T: Kenapa sih perempuan harus pakai mukena saat shalat?

J: Sebetulnya tidak harus begitu. Wanita yang hendak shalat tak harus mengenakan mukena. Mukena hanya dikenakan muslimah di Indonesia dan beberapa negara di Afrika sebagai tambahan penutup aurat. Memakai mukena tentu saja akan menyempurnakan keinginan wanita untuk menutupi auratnya. Karena salah satu syarat sahnya shalat adalah kewajiban untuk menutup aurat seperti yang terdapat pada ayat: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap [memasuki] masjid…” [Q.7:31]. Pakaian indah dalam hal ini menurut Ibnu Abbas adalah berpakaian menutup aurat ketika shalat. Nabi Saw pun pernah bersabda, “Allah tidak akan menerima shalat wanita yang telah dewasa kecuali dengan memakai kerudung.” [HR Imam yang lima kecuali Nasa’i].

Yang masuk kategori aurat bagi wanita dalam hal ini adalah seluruh tubuh wanita kecuali muka dan tangannya. Jika persyaratan ini sudah diikuti maka pakaian yang digunakan tersebut dapat digunakan untuk shalat asalkan masih terjaga kesuciannya dari najis. Hal ini pernah diutarakan dalam kisah Ummu Salamah ra yang bertanya pada Nabi Saw, “Bolehkan seorang perempuan shalat memakai baju dan kerudung, tetapi tidak pakai kain?” Nabi menjawab, “Boleh, asalkan baju itu panjang dan menutup bagian atas kedua telapak kakinya.” [HR Abu Dawud]. « []

Sumber: Ensiklopedia Islam untuk Pelajar jilid 1 dan berbagai sumber

[Box]
Bagi adik-adik yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan email ke redaksi@alifmagz.com dengan subyek: Kid’s Question. Sertakan juga foto dan data diri [nama, usia, kelas, sekolah]. Buat yang pertanyaannya dimuat, ALiF akan mengirimkan buku Kid’s Guide for Ramadhan terbitan Buah Hati.