Puasa setengah hari

Posted on Posted in Kid's Question

Puasa setengah hari
T: Saya belum kuat berpuasa sehari penuh. Bolehkah puasa setengah hari?
Muhammad Bregas
Hardjoloekito
8 tahun, kelas 3 SD Mexico

J: Uraian Al-Qur’an tentang kewajiban puasa di bulan Ramadhan [QS 2: 183], dimulai pendahuluan yang mendorong umat Islam untuk melaksanakannya dengan baik.

Berdasarkan itu, disepakati bahwa puasa Ramadhan diwajibkan atas setiap Muslim. Adapun syarat-syarat wajibnya puasa Ramadhan ada empat yaitu; Islam, berakal, dewasa, dan mampu. Maka kewajiban berpuasa tidak berlaku atas anak-anak yang belum baligh. Nabi Saw bersabda, “Ketetapan hukum tidak diberlakukan atas tiga orang; yaitu orang gila sampai ia sadar kembali [yakni sembuh dari kegilaannya], orang dalam keadaan tidur sampai ia terjaga, dan anak kecil sampai ia baligh” [HR Ahmad, Abu Daud dan Tirmidzi].

Meski demikian karena puasa itu adalah ibadah wajib, maka tak ada salahnya jika anak-anak membiasakan diri untuk berpuasa sejak kecil.

Melatih diri berpuasa dapat dimulai sejak usia balita dengan meniru ayah dan ibu membiasakan diri untuk bangun sahur bersama. Setelah itu sedikit demi sedikit dapat mencoba untuk membiasakan diri tidak makan dan minum sekuatnya. Jika hari ini kuat hingga pukul 9 pagi, tak apa, mungkin besok bisa dicoba lagi. Jika bulan puasa kali ini hanya mampu seminggu berpuasa, maka pada bulan puasa yang akan datang dapat ditingkatkan lebih lama lagi, begitu seterusnya. Selain puasa menahan lapar dan haus, tentu saja puasa harus diikuti dengan menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak disenangi Allah swt. Seperti membicarakan kejelekan teman lain, menyakiti orang lain, dsb. Selain itu kewajiban seorang umat Islam di bulan Ramadhan adalah memelihara kesempurnaan akhlak yang mulia. Misalnya dengan banyak-banyak melakukan ibadah, membaca buku yang bermanfaat, membantu orangtua, dan sebagainya. « []

Bagi adik-adik yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan email ke redaksi@alifmagz.com dengan subyek: Kid’s Question. Sertakan juga foto dan data diri [nama, usia, kelas, sekolah]. Buat yang pertanyaannya dimuat, ALiF akan mengirimkan buku Kid’s Guide for Ramadhan terbitan Buah Hati.