Jangan Lupa Sisipkan Humor

Posted on Posted in Mawaddah

Manusia hidup pasti mengalami berbagai permasalahan. Berbagai masalah dalam rumah tangga maupun pekerjaan pasti akan terus menerus mendera dan terasa berat jika tidak diimbangi dengan hal-hal yang menyenangkan.  Salah satu cara untuk menyeimbangkan diri dan membuat hidup terasa ringan adalah humor.

Mengapa tidak menyelipkan humor saat berhubungan dengan anak, pasangan, bos, rekan kerja, klien atau siapapun dalam hidup kita.  Jangan terlalu banyak.  Karena terlalu banyak akan mengurangi kesan serius, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan.  Cukup sedikit humor di sana-sini akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan.

Humor adalah alat yang memiliki kekuatan luar biasa untuk membuat suasana hati dan keadaan emosi menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan kesehatan kita (Paul E Mc Ghee, PhD)

Tidak hanya itu, penelitian membuktikan bahwa humor memberi banyak manfaat bagi orang yang melontarkannya, maupun orang-orang di sekitarnya.  Humor meningkatkan kebahagiaan dan membuat hubungan dengan sekeliling lebih dekat.  Humor juga berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan fisik, antara lain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, menghilangkan rasa sakit dan melindungi seseorang terhadap stres.

Beberapa pengaruh positif humor antara lain :

  • Membuat tubuh, terutama otot-otot yang awalnya tegang menjadi lebih relaks.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengurangi hormon yang muncul akibat stress yang berlebihan.  Hal ini dapat meningkatkan kekuatan tubuh melawan penyakit.
  • Tertawa dapat melepaskan hormon endorphin yang membuat tubuh merasa nyaman dan menghilangkan rasa sakit sementara.
  • Banyak tertawa karena humor dapat melindungi jantung, karena meningkatkan peredaran darah yang mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung dan masalah-masalah kardiovaskular lainnya.
  • Humor akan menghilangkan perasaan tegang, kemarahan dan kesedihan.
  • Humor membuat kita melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda.  Kita dapat melihat permasalahan dengan lebih realistis dan tidak terlalu menakutkan.

Beberapa cara untuk melihat sesuatu dari kaca mata humor dan menularkannya pada orang lain, antara lain:

  • Menertawakan diri sendiri.  Berpikir kontemplatif dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan, yaitu melihat sisi humor dari berbagai kejadian yang Anda alami sendiri dan menertawakannya. Setelah itu bagilah kisah Anda pada orang-orang terdekat untuk melihat reaksi mereka.  Tentu Anda dapat menyaring kisah-kisah yang dapat dibagi bersama, atau yang kita simpan untuk diri sendiri dengan lebih bijaksana.
  • Setiap ditimpa suatu masalah, cobalah melihatnya dari kacamata humor.  Hal ini dapat merubah perspektif kita terhadap masalah yang ada.
  • Coba kelilingi diri Anda dengan pengingat yang dapat meningkatkan mood Anda kearah yang lebih positif dan menyenangkan.  Misalnya lengkapi wallpaper laptop kata-kata atau gambar yang lucu, pasang boneka yang imut di meja kerja Anda dengan tulisan yang menggemaskan, atau pasang foto-foto keluarga atau bersama teman-teman saat sedang melakukan hal yang menyenangkan bersama.
  • Terutama saat berhubungan dengan anak-anak, cobalah seimbangkan hal-hal yang serius dengan hal-hal yang menyenangkan bersama-sama. Misalnya dengan sering-sering melontarkan humor, melakukan permainan yang menyenangkan bersama atau saling bergurau. Sehingga anak-anak dapat mengingat bahwa keluarganya adalah keluarga yang menyenangkan, dan tempat ‘pelarian’ yang aman jika mereka tertimpa suatu masalah di sekolah atau dimana saja.[esthi]