Baitul Ihsan Menemani Para Bankir Bekerja

Posted on Posted in Oase

Pekerjaan para bankir memang penuh risiko. Apalagi di tengah iklim krisis global yang merembet ke tanah air. Tapi di Baitul Ihsan, masjid yang terletak di pojok komplek Bank Indonesia itu, pekerjaan para bankir seperti dilekatkan dengan ritme regilius. Makna simbolik masjid sebagai oase spiritual bagi seorang Muslim menemukan bentuknya yang sempurna dalam paduan pekerjaan dan ibadah. Dan jeda spiritual ini bisa menjadikan pekerjaan para bankir itu lebih bersinar di mata pihak yang berkepentingan atas kesehatan perbankan.

Dengan patron artistik interior dan eksterior masjid yang banyak menyerap aksen Timur Tengah ini, siapa saja yang shalat di sana akan merasakan getaran spiritual yang menenangkan. Lebih dari itu, beragam kegiatan yang disuguhkan oleh Manajemen Masjid Baitul Ihsan sarat dengan kosakata peningkatan sumber daya insani.

Masjid ini terdiri dari tiga bagian. Basement seluas 1.080m2 mampu menampung 400 jamaah, karena ruang yang bisa digunakan shalat hanya berukuran 600m2. Di lantai ini, biasanya digunakan jamaah perempuan untuk menunaikan shalat dan pengajian khusus akhwat. Selebihnya digunakan untuk perkantoran, ruang kelas, dan toilet.

Lantai dasar masjid ini seluas 1087m2 yang bisa menampung 3.040 jamaah. Di lantai dasar ini, terdapat puluhan rak yang ditata rapi berisi Al-Qur’an yang siap digunakan jamaah. Terdapat juga karpet beberapa baris dekat mimbar masjid. Karpet ini terbilang empuk dan kebersihannya tetap terjaga.

Sementara mezzanine [lantai atas] berukuran 596m2 yang mampu menampung 545 jamaah. Jika shalat di sini, tatapan ke bawah akan dimanjakan dengan lantai dasar yang megah dengan lantai marmer dan tatapan ke atas akan terasa lindungan kubah masjid yang membulat. Di kubah tersebut terdapat ukiran yang sarat garis simetris.

Pintu masjid ini sengaja diletakkan di pinggir kiri, hingga memberikan kesan keterbukaan bagi siapa saja yang ingin beribadah. Ini sebagai manifestasi niat pembuatan masjid yang selesai tahun 2001 ini, untuk seluruh kaum Muslim di sekitar komplek perkantoran Bank Indonesia. « [msadili]

Lembaga
Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah dengan fasilitas bimbingan; kurikulum bimbingan, ustadz dan pembimbing yang berkualitas, bimbingan 10-12 kali pertemuan, tempat pelatihan, dan praktek ibadah haji di Asrama Haji Pondok Gede. Rumah Zakat Baitul Ihsan yang mengelola dana Zakat, Infak, dan Shadaqah kaum Muslim untuk didayagunakan bagi mustahik [orang yang berhak mendapat zakat].

Fasilitas Pernikahan
Di masjid ini hanya tersedia fasilitas untuk akad nikah yang bernuansa islami yang dilaksanakan di lantai dasar dan bisa digunakan Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional dari jam 08.00-11.00. Semua layanan ini bisa didapatkan jika Friday Readers membayar infaq Rp 2.500.000. Dengan fasilitas yang terbilang lengkap seperti AC, sound system, meja penerima tamu, meja akad nikah, dan lainnya. Manajemen Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia berusaha memberikan layanan terbaik bagi pengguna masjid ini.

Tempat Penitipan
Penitipan sepatu di Masjid Baitul Ihsan terdapat di beberapa tempat. Untuk yang berada di depan, penitipan sepatu berada dalam sebuah ruangan segi empat seluas 6m2 yang bisa menampung 200 pasang dengan penjagaan dua petugas. Di tempat ini, Friday Readers harus mengambil kartu pentipan untuk pengambilan nanti. Terdapat sebuah kotak amal bagi yang berkenan untuk menyumbang sekaligus akan menemukan beberapa brosur yang berisi informasi kegiatan keislaman; dari Manajemen Masjid maupun dari organisasi Islam lainnya. Penitipan sepatu lainnya, terletak berjejer sebanyak enam buah, terbuat dari besi, dan tetap diawasi para petugas. Terletak berdampingan dengan toilet dan tempat wudhu yang terletak di samping kiri plaza masjid.

Area Parkir
Area parkir masjid ini menyatu dengan komplek perkantoran Bank Indonesia. Friday Readers yang membawa kendaraan tak perlu risau kekurangan tempat parkir. Di samping kiri masjid terdapat area parkir yang sangat luas yang siap menampung ratusan roda dua maupun roda empat. Sebelum masuk ke area parkir, para tenaga keamanan akan menyambut ramah sambil menanyakan tujuan para tamu. Dan bagi pendatang diwajibkan mengambil kartu kunjungan yang ditukarkan dengan tanda pengenal diri seperti SIM dan atau KTP.

Tempat Wudhu dan Toilet
Tempat masjid ini terletak di bagian depan masjid yang disediakan bagi laki-laki dengan 2 toilet, 8 urinoir, 24 titik air, dan 3 wastafel. Dari bibir pintu toilet sampai pintu masuk masjid, tersedia hamparan karpet kasat yang bisa menyerap air. Sementara itu, toilet lain terletak di basement. Untuk laki-laki terdapat 20 titik air dan 2 buah toilet. Untuk perempuan juga 2 buah toilet dan 20 titik air.

Aneka Jajanan
Di belakang masjid, dekat dengan area parkir, terdapat kantin yang terbilang lengkap. Menu yang ditawarkan sebagian besar adalah racikan khas tanah air dengan harga terjangkau yang melayani konsumen dari jam 09.00-15.00. Luas kantin ini 150m?, dengan tempat makan yang berjejer rapi di tengah yang dikelilingi beberapa kios. Cobalah menu Pecel Ayam seharga Rp 12.000 di kios makanan khas Jawa Timur. Dagingnya terasa gurih, renyah, sekaligus hangat, karena digoreng langsung. Sambel pedas dengan paduan bawang merah, tomat, gula merah, dan bumbu lainnya, akan terasa kian nikmat jika disantap bersama lalap timun, kacang panjang, dan daun kemangi. Lalu jangan ragu untuk minta menu tambahan tahu dan atau tempe goreng yang dibanderol Rp 1.000 per potong.

Untuk minuman banyak berjejer yang menawarkan aneka jus dan beragam minuman kemasan. Tapi tak ada salahnya jika Anda menyeruput teh tawar hangat, sambil menyantap hidangan makan siang. Paduan aroma teh terasa lebih mantap menyembuhkan lidah yang kepedasan.

Kegiatan

  • Kajian Tafsir Al-Qur’an
  • Kajian Sirah [sejarah] Islam
  • Kajian Klinik Hati
  • Kajian Muslimah
  • Kajian Lepas Kerja
  • Kajian Hadits
  • Dzikir dan Doa
  • Penerbitan Bulletin Jum’at

[Box]
Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia
Jl. Budi Kemuliaan Jakarta Pusat
Tel 021-3818457
Fax 021-3818457