Keindahan Berbagai Museum Seni Islam di Dunia

Posted on Posted in Oase

Museum Seni khusus yang membuat benda-benda seni Islam ternyata bisa ditemui di beberapa tempat di dunia, bahkan di Negara non Muslim.

Pernah berkunjung ke museum Bayt al Qur’an dan Museum istiqlal di Taman Mini Indonesia Indah [TMII]? Karya-karya unggulan para ulama dan intelektual muslim Nusantara sejak abad ke-17 sampai abad ke-20 yang bernilai historis berada di area seluas 20.013 M2. Tentu tempat yang banyak menyimpan manuskrip Al-Qur’an, arsitektur, seni rupa dan berbagai warisan budaya Islami merupakan kebanggaan Negara kita. Tapi museum seni Islam tidak hanya ada di TMII. Di berbagai penjuru dunia terdapat museum seni yang juga sangat indah.
Diantaranya adalah:

Museum Seni Islam Kairo

Museum seni islam yang konon terbesar di dunia ini telah secara resmi dibuka kembali oleh Presiden Husni Mubarak beberapa waktu yang lalu [14/8/2010] setelah direstorasi selama 8 tahun. Museum ini terdapat 25 galeri yang menyimpan 2500 artefak dari sekitar 100.000 item. Dibangun tahun 1903, museum ini juga menyimpan kunci emas pintu Ka’bah dan uang dinar Islam tertua yang bertahun 697 masehi.

Museum Kesenian Islam Malaysia

Museum yang konon merupakan museum Islam terbesar di Asia Tenggara ini merangkum kawasan seluas 30.000 meter persegi dan terletak di Taman Tasik Perdana Kuala Lumpur. Museum ini memiliki lebih dari tujuh ribu barang artefak dan sebuah perpustakaan yang memiliki sejumlah besar buku yang berkaitan dengan seni Islam. Museum ini merangkum hasil seni Islam dari Cina, India dan Asia Tenggara dengan kategori eksklusifnya masing-masing dan memberi penekanan bahwa hasil seni dunia Islam tidak hanya berasal dari Persia dan Timur Tengah.

Galeri Seni islam di Museum Victoria dan Albert, London
Galeri yang dibiayai dari kocek seorang Saudi kaya, sebesar 9,8 juta dolar menampilkan 10.000 koleksi benda seni Islami yang bermutu tinggi dan diantaranya berasal dari abad ke-11 M. Di Eropa Barat, keberadaan museum ini juga mengesankan pengakuan atas Islam, yang karena besarnya imigrasi dari Afrika Utara, Turki, Pakistan dan Bangladesh, sekarang juga merupakan salah satu agama di Eropa.

Museum Seni Islam Doha, Qatar

Museum yang menjadikan Qatar sebagai salah satu pusat budaya Islam ini didisain sangat indah. Museum ini juga mempersembahkan, menyimpan, mendokumentasikan berbagai koleksi seni dunia Islam dari seluruh dunia yang telah dikumpulkan selama 20 tahun, termasuk berbagai manuskrip, kain-kain kuno, keramik dari Spanyol, Mesir, Iran, Irak, Turki, India dan Asia Tengah. Museum ini dipercaya menjadi museum benda-benda seni islam terlengkap di dunia.

Museum Seni Islam di Pergamon Museum, Berlin

Pergamon museum adalah museum yang sangat luas di Berlin, dan dibagi menjadi tiga bagian; bagian koleksi antik, museum dari Timur Tengah dan Museum Seni Islam. Bagian Seni Islam [Museum fur Islamische Kunst] merupakan penambahan yang banyak menyimpan benda-benda seni Islam dari abad ke-8 hingga 19, dari Spanyol ke India. Selain benda-benda seni di sesi Seni Islam, maka museum ini secara berkala juga mengadakan eksebisi seni Islam modern yang banyak didatangi oleh pengunjung lokal.