Sejenak Meninjau Sabah

Posted on Posted in Oase

Apa yang kita ketahui tentang tetangga kita, Sabah?

Jika kita melongok ke arah Utara Kalimantan, maka kita akan berbatasan dengan wilayah Malaysia, yaitu Sabah. Sabah lebih kecil dari tetangganya, Sarawak dan ibu kota Negara bagian ini adalah Kota Kinabalu. Sebagai tetangga, mungkin sedikit sekali yang kita kenal tentang Sabah. Karenanya, mengapa tidak kali ini kita meninjau Sabah sejenak untuk mengetahui apa saja yang ada disana, terutama di Kota Kinabalu.
Kota Kinabalu atau yang mendapat sebutan KK terdapat di bagian Timur Laut dari wilayah Indonesia dan langsung menghadap ke Laut China. Pemandangan alam Sabah sangat cantik, dengan pantai berpasir putih dan gunung Kinabalu yang mudah dijangkau. Kota ini juga memiliki beberapa tempat tujuan wisata yang bisa kita intip bersama. Apa saja yang ada di sana?

Sabah State Mosque
Salah satu bangunan berarsitektur paling indah di Sabah adalah Sabah State Mosque atau Masjid Sabah. Dengan kubah megah berhias motif zigzag dari emas. Masjid ini terdapat di pusat kota dan dapat menampung sekitar 5000 umat sekali waktu. Dalam masjid ini ada balkon khusus yang dialokasikan untuk perempuan melakukan ibadahnya. Masjid ini juga menjadi tempat kunjungan wisata bagi turis mancanegara dengan ijin khusus. Tentu saja aturan berbusana untuk memasuki masjid ini dijaga ketat. Misalnya mengenakan pakaian yang sopan dan pantas dengan kerudung kepala bagi pengunjung perempuan.

Sabah State Museum

Museum Sabah adalah tempat yang tepat untuk melihat koleksi bersejarah dari masyarakat Borneo yang bermukim di daerah ini. Museum ini juga mempertunjukkan berbagai macam flora dan fauna yang hanya dapat ditemui di Sabah.

Menara Tun Musthapa

Menara ini dibuat tahun 1977 dan menjadi gedung kedua tertinggi di Borneo setelah Wisma Sanyan di Sibu, diikuti dengan Gedung Kementrian Keuangan di Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam. Gedung 30 tingkat berbentuk lingkaran terbuat dari kaca mencapai tinggi 122 meter dan dinamakan sesuai dengan nama Ketua Menteri Sabah pada saat itu; Tun Datu Musthapa. Di dalam gedung ini terdapat auditorium, dua teater mini, ruang eksibisi, gymnasium, taman bermain dan perpustakaan, juga restaurant.

Menara Jam Atkinson

Menara ini dibuat sejak tahun 1903 dari kayu dengan tanpa menggunakan paku. Dibuat untuk mengenang Francis George Atkinson, seorang District Officer yang memimpin daerah Borneo utara dan meninggal diusia 28 tahun.

Gunung Kinabalu
Terdapat di tengah-tengah taman nasional Kinabalu. Di taman ini terdapat berbagai spesies tanaman dan binatang khas daerah ini. Sedangkan gunung Kinabalu memiliki tinggi 4095m yang menarik untuk dilakukan pendakian di beberapa tempat. Di tempat ini juga tersedia pemandian air panas di tempat terbuka yang tentu menyenangkan untuk dicoba.

Beberapa tempat lain yang juga menarik untuk dikunjungi terletak di luar kota Kinabalu, yaitu tempat perlindungan orang utan di dekat kota Sandakan, pulau Sipadan tempat yang menarik untuk melakukan penyelaman, Tuaran tempat yang banyak menyajikan kerajinan tangan dan banyak lagi.