Mengenal Markus Haris Maulana, Penjaga Gawang Timnas Indonesia

Posted on Posted in Silaturahmi

Kiprah tim nasional (timnas) Indonesia di Piala AFF 2010 semakin mengagumkan. Setelah berhasil menekuk Malaysia, Laos, dan Thailand di babak penyisihan grup, Kamis (16/12) Tim Garuda memetik kemenangan atas Filipina di pertemuan pertama babak semifinal. Christian Gonzales mencetak gol semata wayang ke gawang Filipina yang dikawal kiper ketiga Fulham Neil Etheridge.

Sejak menang dari Malaysia, Pasukan Merah Putih selalu dihujani pujian dari seluruh penjuru negeri. Euforia rakyat Indonesia seakan membuncah akhir tahun ini . Masyarakat bukan hanya haus tapi sudah lapar akan kemenangan di kancah sepak bola.

Kita tahu sepak bola merupakan permainan kolektif. Tapi tak ada salahnya jika menyorot kiparah sosok palang pintu terakhir timnas Markus Horison yang merupakan penjaga gawang tim Persib Bandung.

Meskipun bernama Markus namun ia adalah seorang muslim. Awalnya Markus adalah pemeluk agama Nasrani karena lahir, besar, dan tinggal di Provinsi Sumatra Utara yang mayoritas warganya beragama Nasrani. Menurut informasi yang berhasil dikumpulkan Alifmagz dari berbagai sumber, sejak tahun 2004, Markus sudah resmi memeluk agama Islam.

Keputusan Markus menjadi seorang muslim sempat mendapat tentangan dari ayah dan ketiga kakaknya pada awalnya. Namun Markus tak gentar. Niatnya sudah bulat. Sang Ibu Yenny adalah orang yang paling mendukungnya menjadi muslim. Maklum ibu Markus adalah pemeluk Islam dulunya. Sampai akhirnya setelah lama belajar dari keluarga pihak ibunya dan mendapatkan hidayah dari Allah SWT, Markus Horison memantapkan diri mengucapkan dua kalimat syahadat pada tahun 2004. Ia pun mengganti namanya menjadi lebih Markus Haris Maulana.

Sebagai satu-satunya pemeluk Islam di keluarga, Markus terbiasa beribadah sendirian. Saat bulan Ramadhan, Markus biasa sahur, berbuka, tarawih, dan merayakan Idul Fitri sendirian. Begitu pula saat Idul Adha. Pria berusia 28 itu tidak keberatan dengan perbedaan agama dalam keluarganya. Hingga akhirnya keluarga Markus mampu menerima kepercayaan barunya tersebut.

Pada September 2009, Markus pindah klub ke Arema Malang. Seiring dengan kepindahannya ke pulau Jawa, berbagai media ramai menulis tentang pergantian namanya menjadi Markus Haris Maulana. Ada yang menyebut nama Markus setelah memeluk Islam adalah Muhammad Haris Maulana. Namun hal tersebut belum bisa dibuktikan karena sampai sekarang dalam kostum yang dikenakannya masih tercantum nama Markus. Di dalam tim Persib Bandung pun yang terdaftar adalah nama Markus Haris Maulana.

Meskipun sudah berganti nama, namun Markus lebih akrba disebut Markus Horison, bukan Markus Maulana. Pada 27 November lalu Markus resmi meminang selebriti Kiki Rizki Amalia atau lebih dikenal sebagai Kiki Amalia sebagai istrinya. Dampaknya Markus pun masuk dalam komunitas selebriti Indonesia, begitupun Kiki yang masuk ke dalam komunitas pecinta sepakbola.

Sebagai pemain prestasi tertinggi Markus di tingkat klub adalah berhasil memebawa PSMS Medan juara Liga Indonesia pada 2008. Sementara di tingkat tim nasional Markus belum pernah mendapatkan piala. Namun pada 2007 ia dinominasikan sebagai pemain terbaik Asia karena mampu bermain gemilang pada kompetisi Piala Asia 2007.

Teruslah mengawal gawang Indonesia, Markus!


Biodata Markus

Nama: Markus Haris Maulana

Tanggal lahir: 14 Maret 1981

Tempat lahir: Pangkalan Brandan

Tinggi: 186 cm

Karier Profesional

2000 – 2001 PSL Langkat
2001 – 2002 PS Batam
2002 – 2003 PSKB Binjai
2003 – 2008 PSMS Medan
2008 Persik Kediri
2009 PSMS Medan
2009 – 2010 Persib Bandung

Karier Tim Nasional

2007 – kini Indonesia (27 kali main)