IAAI Gelar Konferensi Internasional Bertema Moderasi Islam

Posted on Posted in What's on

Selama tiga hari, 1-3 September, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Ikatan Alumni Al Azhar Internasional (IAAI) Cabang Indonesia menggelar seminar internasional Moderasi Islam.

Seminar diselenggarakan guna meneguhkan moderasi Islam di kalangan Masyarakat Muslim Indonesia, khususnya dalam kehidupan keagamaan dan kebangsaan.

Moderasi Islam
Moderasi Islam

Seminar yang mengangkat tema, Moderasi Asas Keluhuran: Upaya Merumuskan Karakter Pemikiran Islam dalam menghadapi Tantangan Dunia Modern ini, terbuka untuk umum.

Seminar diikuti para peneliti, cendekiawan, dosen, dan ulama dari berbagai negara seperti Mesir, Aljazair, Oman, Irak, Yaman, Yordania, Malaysia, Brunai Darussalam, dan juga dari dalam negeri Indonesia.

Latar belakang penyelenggaraan seminar adalah kegelisahan akan semakin meningkatnya kecenderungan kehidupan sebagian masyarakat muslim Indonesia lebih kepada paham radikalisme fundamentalis literalis serta liberalisme sekularis.

Diharapkan, seminar internasional ini mampu memberikan sumbangan penting bagi tegaknya cara pandang dan sikap moderat masyarakat Muslim Indonesia khususnya, dan dunia umumnya dalam rangka berkontribusi positif dalam perdamaian dunia dan kemanusiaan secara umum.