Silaturrahim M. Quraish Shihab dan Pusat Studi Al-Quran dengan Para Ulama dan Kyai Jawa Tengah dan Jawa Timur

Posted on Posted in What's on

Suatu sore di kediaman Gus Mus di Rembang, Jawa Tengah, terlihat pemandangan yang tidak biasa. Di ruang tamu sederhana beliau duduk bercengkrama Gus Mus dan sahabat lamanya, M. Quraish Shihab.

Ya, pada hari itu, tepatnya tanggal 24 Desember 2016 yang lalu, M. Quraish Shihab, beserta keluarga dan rombongan dari Pusat Studi Al-Quran (PSQ), yayasan yang didirikannya, mengunjungi KH. A. Mustofa Bisri, lebih dikenal dengan Gus Mus, sebagai salah satu bagian dari rangkaian perjalanan mereka.

Silaturahmi dengan Gus Mus

Perjalanan yang dilakukan dalam rangka silaturahmi dan meminta doa dari para sesepuh, juga pertemuan dengan para alumni PSQ tersebut, diawali dengan Seminar Internasional IAAI (Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional) serta pertemuan dengan perwakilan alumni PSQ yang ada di Jawa Tengah, di Semarang, diikuti silaturrahim dengan Gus Mus pada hari yang sama.

Pertemuan dengan Alumni PSQ di Jawa Tengah

Hari berikutnya, 25 Desember 2016, perjalanan dilanjutkan ke Sarang, masih di Jawa Tengah, untuk mengunjungi KH. Maemoen Zubair, atau yang akrab disapa Mbah Moen, sekaligus menghadiri Seminar dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Anwar mengenai “Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir menuju cita-cita Islam Indonesia”.

Silaturahmi dengan Mbah Moen

 

Seminar di STAI Al-Anwar, Sarang, Jawa Tengah

Rombongan kemudian bertolak ke Jombang, Jawa Timur, pada 26 Desember 2016, untuk bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, bertemu dengan KH. Solahuddin Wahid (Gus Solah) selaku pimpinan pondok pesantren tersebut. Memang,  salah satu tujuan M.Quraish Shihab melakukan perjalanan ini, selain yang telah disebutkan di atas, adalah juga untuk memperkenalkan dunia pesantren pada anak dan cucunya yang memiliki ketertarikan terhadap pendidikan dan dunia pesantren.

Ziarah ke Makam KH. Hasyim Asy’ari dan Gus Dur

 

Pertemuan dengan Alumni PSQ di Jawa Timur

 

Pertemuan Kyai dan Ulama se-Jawa Timur

Selain itu, rombongan juga menghadiri pertemuan dengan kyai dan ulama se-Jawa Timur, dilanjutkan dengan berziarah ke makam KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Perjalanan diakhiri dengan pertemuan dengan alumni PSQ program Pasca Tahfiz Pondok Pesantren Bayt Al-Quran, Pendidikan Kader Mufassir (PKM), dan Training of Trainers (ToT) bagi Dai dan Penyuluh Agama se-Jawa Tengah dan Jawa Timur. [aca]