Awam Prakoso & Kampung Dongeng [KaDo], Mencerdaskan Anak-anak dengan Dongeng

Posted on Posted in You Can Do It

you_kado1_ed51Di zaman serba gadget ini, dongeng seperti di ambang kepunahan. Di Indonesia saja, anak-anak lebih banyak mengenal games dan film ketimbang dongeng. Beruntung, di negeri ini masih ada pihak-pihak yang melestarikan dongeng. Salah satunya: Awam Prakoso.

Aktivitas mendongeng dalam kehidupan anak-anak sepertinya kian sulit kita temukan dewasa ini. Apalagi dongeng yang dikemas dalam sebuah sanggar atau pentas. Tapi untung saja masih ada yang peduli terhadap aktivitas hiburan edukatif ini. Dialah Awam Prakoso. Lelaki yang akrab disapa Kak Awam berusaha menghidupkan terus seni dongeng dengan mencetuskan sanggar bernama Kampung Dongeng [KaDo].

Aktivitas KaDo mulai berlangsung Februari 2009. Tapi Kak Awam mulai meresmikannya pada 18 Mei 2009 bertepatan dengan hari ulangtahun dirinya. Ide awalnya muncul karena Kak Awam melihat bahwa area bermain, belajar, dan beraktivitas untuk anak-anak mulai memudar pada zaman sekarang ini. Padahal menurutnya, usia anak memiliki intuisi personal dalam pencarian ruang yang dikehendaki. “Semua hal ini sangat saya perhatikan dalam membangun mental anak-anak melalui dongeng. Inilah yang membuat saya kemudian memberanikan diri membuka ruang bernama Kampung Dongeng,” ujar lelaki asal Blora Jawa Tengah ini. you_kado5_ed51

KaDo bermarkas di kawasan Ciputat, Tangerang. Di tempat inilah, biasanya Kak Awam bersama istrinya Bunda Ana menggelar aktivitas mendongeng di tengah anak-anak. Tak hanya dari daerah sekitar, tetapi juga ada yang sengaja datang dari daerah lain, seperti dari Bandung. Meskipun pusat KaDo ada di dekat tempat tinggalnya, Kak Awam sering juga mendongeng di dari satu daerah ke daerah lain seantero Nusantara. “Secara rutin KaDo berkegiatan dua kali dalam satu bulan. Setiap kegiatannya ada bermain kelompok, membuat kreativitas dan mendengarkan cerita. Bila bertepatan dengan hari-hari besar, kami menyelenggarakan lomba-lomba. Ini semua gratis untuk semua anak Indonesia,” jelas lelaki yang pandai menirukan beberapa suara ini.

you_kado4_ed51Saking banyaknya undangan untuk mendongeng, Kak Awam kini dibantu beberapa teman sebagai stafnya sejumlah 8 orang. Salah satunya Kak Adul. Kak Adul pun sudah terbiasa ikut dalam aktvitas program mendongeng.

Jam terbang Kak Awam dalam mendongeng sudah ribuan kali. Dia begitu semangat mengampanyekan budaya dongeng di mana saja, demi kemajuan pendidikan anak. Tak heran, kalau Kak Awam tampil sebagai pendongeng, anak-anak selalu ingin mengerumuninya. “Saya tidak membatasi peserta. Bahkan kami bermimpi setiap kegiatannya selalu dipadati ribuan anak-anak, hehehe. Tapi sampai sejauh ini paling kurang lebih ya 300 anak-anak setiap kegiatan berlangsung,” pungkas lulusan STIE Ahmad Dahlan ini. « [yogira] – foto: yogira/istimewa

Boks:
you_kado2_ed51Kampung Dongeng [KaDo]
Jl. Musyawarah RT.03/04 No. 26, Kampung Sawah, Ciputat-Tangerang
Tel 021-7491873
Surel: wongawam@yahoo.com dan kampungdongeng@yahoo.com
Laman: http://dongengkakawam.co.cc dan http://kampungdongeng.com