Relawan Program Kesehatan Alat Reproduksi Remaja

Posted on Posted in You Can Do It

Pergaulan bebas di kalangan remaja seringkali mengkhawatirkan, khususnya dalam hal masalah seksual. Karenanya, sekumpulan relawan bergabung dalam wadah Mitra Citra Remaja (MCR) untuk membantu remaja agar terhindar dari akibat-akibat pergaulan bebas tersebut.

MCR adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), yang khusus melayani masalah yang berhubungan dengan pengetahuan dan kesehatan seksual atau alat reproduksi remaja. Lembaga ini berdiri di Bandung pada tahun 1992 dan sampai saat ini tetap konsisten menjalankan program-program nyata demi tercapainya kesehatan alat reproduksi remaja, khususnya di wilayah Bandung. Pelayanan ini tidak hanya berlaku bagi remaja sekolah, tetapi juga bagi anak jalanan, anak punk, dan perkumpulan komunitas pengendara motor. ”Kami mencoba memberikan pendidikan kepada remaa supata tahu bagaimana menjaga kesehatan reproduksinya. Selama ini, yang kami tahu, mereka rata-rata hanya mengetahui fungsinya saja, belum sampa tahu tanggung jawabnya seperti apa,” kata Abdul Rahman, salah sau relawan lapangam MCR.

Hal senada dikatakan juga oleh Ilah, Manajer program MCR. Menurutnya, program MCR sudah memperluas jangkauannya untuk sosialisasi kesehatan reproduksi dalam bentuk pendidikan konseling, advokasi, dan pendekatan personal, terutama bagi remaja yang kurang mendapatkan akses informasi tentang pendidikan seks. ”Kami juga bekerja sama dengan radio untuk mengkampanyekan ini. Setiap minggu kami mengisi acara di 2 radio dan membuka saluran konsultasi,” imbuh Ilah.

Kini MCR memiliki 9 orang relawan yang bekerja secara profesional. Mereka bekerja secara full time. Untuk memperkuat program-program kampanye, MCR pun mendapat bantuan dari relawan biasa yang bekerja pada waktu dan momen tertentu. Mereka rata-rata adalah remaja dan mahasiswa. Relawan MCR ini berasal dari sejumlah perguruan tinggi, di antaranya; Unpad, Unpas, UPI, STT Telkom, dan Unisba. Lantas, mengapa mereka tertarik memberdayakan kemampuannya di lembaga sosial ini?

”Kalau saya sih ingin menyalurkan hobi berorganisasi, Kebetulan waktu masih jadi mahasiswa sering ikut banyak kegiatan sosial. Mungkin relawan lainnya bergabung di sini karena aktualisasi diri, peduli sosial, dan untuk mempraktekan kemampuan dan pengetahuannya selama di kampus,” ujar Abdur Rahman, yang akbar disapa Igun.

Di markas MCR, di sekitar Jl. Soekarno Hatta, Bandung, hampir setiap hari relawan-relawan muda ini memberikan layanan secara bergantian, misalnya menerima curahan hati (curhat) dan menerima pertanyaan seputar pendidikan seks, baik lewat sms, telepon, email, maupun dengan bertatap muka. Pada waktu-waktu tertentu para relawan ini terjun ke lapangan dan bersosialisasi dengan kumpulan remaja. (teks:foto: yogira)

Informasi

Mitra Citra Remaja – PKBI Jawa Barat
Jl. Soekarno – Hatta No.496 Bandung
( antara per empatan buah-batu dan Carrefour-Kiaracondong.
sebelah Departemen Agama Kota Bandung.)

Informasi :

022 7069 7997

022 9191 7618 ( Igun )

08996967636 ( Helfa – Psikologi UPI)

085220365653 (Alma – FK Unpad)

08569959039 (Pandu – Fikom Unpad)

e-mail :
mcrpkbi@indosat.net.id
mcrpkbi@yahoo.com
mcrpkbi@gmail.com